Selasa, 21 Juni 2011

Mendulang Emas Dari Komponen-komponen Bekas

Cara Mengambil Emas Dari Komponen-komponen HP Maupun Komputer

bukan HOAX, ini kenyataan.. info menaik bagi anda yang ingin mendapatkan tambahan uang...


Hampir semua orang pasti sudah mengenal peralatan elektronik seperti Handphone, Komputer, Radio dll, di dalam peralatan elektronik itu terdapat komponen-komponen elektronik berupa PCB (Printed Circuit Board) yang berisi rangkaian elektronik seperti Prosesor, IC, Relay, Cristal dan lain sebagainya.Anda juga pasti mengenal tentang logam mulia terutama yang paling berharga di dunia yaitu emas, harga emas cenderung meroket akhir-akhir ini, dikarenakan kebutuhan emas yang sangat tinggi oleh negara-negara industri elektronik seperti China, Taiwan, Jepang serta melemahnya dolar, sehingga investor beralih kepada investasi yang lebih aman yaitu emas. untuk hari ini tanggal 1 Juni 2011, harga emas berada pada $49.19 USD/Gram.

Yang harus diketahui, beberapa komponen elektronik yang terdapat dalam barang2 tersebut terbuat dari emas murni. Boleh percaya atau engga, tapi memang itulah kenyataannya. Kenapa emas dipakai di dalam beberapa komponen eletronik? hal ini karena beberapa bagian tersebut memang harus terbuat dari emas karena hanya emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi.

Di Jepang, perusahaan Yokohama Metal Co Ltd pernah melakukan penelitian dan menemukan bahwa dari 1 ton bahan tambang emas setelah diolah, rata-rata hanya menghasilkan 5 gram emas. Padahal, dari 1 ton ponsel bekas bisa menghasilkan lebih dari 150 gram emas. Selain emas, 1 ton ponsel bekas juga bisa menghasilkan 3 kg perak, dan logam-logam lain. Sebuah pabrik daur ulang ponsel di Jepang, Eco-System Recycling Co, menghasilkan emas batangan antara 199.58 - 299.37 kg per bulan, yang nilainya berkisar US$ 5,9 juta – US$ 8,8 juta hanya dari mendaur ulang sampah-sampah ponsel yang sudah tidak terpakai.
Sampah elektronik dapat dengan mudah agan jumpai di penjual barang bekas di pinggir jalan, di mana saja di kota besar maupun di kota kecil. Mereka menjualnya dengan harga yang murah, bahkan mungkin agan punya di kamar gana berupa ponsel bekas dan komputer bekas.
Perlu diketahui bahwa harga emas cenderung meroket akhir-akhir ini, dikarenakan kebutuhan emas yang sangat tinggi oleh negara-negara industri elektronik seperti China, Taiwan, Jepang.
Sampah elektronik dapat dengan mudah dijumpai di penjual barang bekas di pinggir jalan, di mana saja di kota besar maupun di kota kecil. Mereka menjualnya dengan harga yang murah.

Contoh Komponen Komputer yang mengandung emas :

1. Motherboard
Ambil hanya bagian yang berbentuk jarum emas jangan yang lainnya. Mayoritas kandungan yang ada di motherboard adalah tembaga. Jadi ambil yang perlu saja supaya emasnya tidak tercemar dengan tembaga.

 2. Memori Komputer/ RAM
Ambil hanya bagian yang berwarna keemasan. Potong bagian jari-jari emasnya dan buang sisanya.

 3. VGA Card alias kartu untuk monitor komputer
Ambil hanya bagian yang berwarna keemasan. Potong bagian jari-jari emasnya dan juga ambil jarum-jarum emasnya, buang sisanya.

4. Sound card alias kartu untuk suara komputer
Bentuk hampir sama dengan VGA Card tetapi biasanya lebih kecil.Ambil hanya bagian yang berwarna keemasan. Potong bagian jari-jari emasnya dan juga ambil jarum-jarum emasnya, buang sisanya.

5. Prosesor Komputer alias otak komputer
Pecahkan dengan palu 1 kali pukulan tepat di tengah untuk dapat melihat bagian dalamnya. Baik bagian luar maupun bagian dalam dari otak komputer ini mengandung emas murni. Semua bagian yang berwarna keemasan adalah bagian yang mengandung emas. Hal ini berlaku hampir untuk semua bagian komputer yang berwarna keemasan.


Cara Mengolah Emas Dari Komponen itu :
Ikuti sama persis dan dengan mengutamakan keselamatan. Lakukan semua proses dengan hati-hati dan diluar ruangan. Gunakan sarung tangan karet yang tebal untuk melindungi tangan anda. Gunakan masker pelindung.

Barang elektronik yang dicoba pada awal percobaan ini adalah komputer. Usahakan mencari komputer yang tua karena semakin tua atau lama,kandungan emas semakin banyak. Contoh komputer tua adalah komputer seri 286, 486, pentium 1 dan pentium 2.

Kumpulkan semua bagian komputer yang mengandung emas tersebut baik yang telah dipotong maupun yang di hancurkan tersebut pada 1 buah ember dan beri label ember 1.

Berikut dibawah ini adalah bahan dan alat yang diperlukan:

1.  Ember yang tebal dan kuat 3 buah, pakailah ember bekas cat ukuran yang  5 liter.
2.  Mangkok kaca bening yang tahan panas 1 buah (Tidak mutlak diperlukan)
3.  Alat pengaduk dari kayu atau plastik.
4.  Pakaian pelindung. ( Sarung tangan karet, Masker, Jaket )
5.  Alat penyaring berupa kain sprei atau kain kaos dan juga kain handuk untuk menutup ember.
6.  HCL / muriatic acid 1 liter
7.  Nitric Acid / HNO3 1 liter
8.  Baking Soda / Sodium bicarbonat (untuk menghilangkan noda) (Tidak mutlak diperlukan)
9.  Pupuk UREA 1 kg
10. Cairan pengetes emas (Tidak mutlak diperlukan)
11. Aqua Ammonia (Tidak mutlak diperlukan)
12. Air Suling (Air AKI) jika air ledeng anda kotor atau air PAM yang bersih.
13. Sodium Metabisulfite 1kg. (sebagai bahan kimia yang mengendapkan emas)


Langkah-langkahnya :
Langkah 1
Siapkan ember 1 yang telah diisi oleh komponen komputer yang mengandung bagian emas. Diharapkan untuk mengumpulkan komponen komputernya hingga 1 kg agar hasil emasnya banyak.

Sebagai contoh dari 1 kg prosesor komputer atau otak komputer mengandung 2-4 gram emas murni 23 karat tergantung pada komputernya. Semakin tua semakin baik. JANGAN PERNAH MENGGUNAKAN BARANG/ ALAT BERBAHAN LOGAM APAPUN DARI AWAL PROSES HINGGA AKHIR.

Langkah 2
Tuang 1 liter HCL ke ember 1 yang berisi komponen komputer. Kemudian disusul dengan 0,330 liter/ 330ml Nitric acid ke ember 1. ( Rumusnya 3 HCL : 1 Nitric Acid ) ini membentuk cairan Aqua Regia/ Air Raja.

Yang penting semua komponen komputer terendam cairan. Tinggalkan segera selama 1 malam agar terproses sempurna. LAKUKAN SEMUA PROSES INI DILUAR RUANGAN, BANYAK ANGIN DAN DENGAN MEMAKAI MASKER, PAKAIAN PELINDUNG/ JAKET SERTA SARUNG TANGAN KARET.

Langkah 3
Setelah didiamkan 1 malam, siapkan ember 2 dengan kain kaos diatasnya sebagai penyaring. Tuanglah cairan Aqua regia di ember 1 ke ember 2 dengan hati-hati.

Langkah 4
Bilas ember 1 dengan sedikit air dan tuang kembali ke ember 2. Lakukan ini 2-3 kali dengan sedikit air sampai ember 1 bersih dari cairan aqua regia.

Langkah 5
Singkirkan kain penyaring di ember 2. Siapkan pupuk UREA 1 genggam dan tuang sedikit demi sedikit ke ember 2. Akan ada reaksi buih, lakukan penuangan pupuk UREA ini hingga tidak ada reaksi buih lagi. Beri jeda sebentar dari penuangan 1 ke penuangan 2, dst. GUNAKAN PUPUK UREA YANG PUTIH BERSIH.

Langkah 6
Jika buih betul-betul tidak keluar lagi maka barulah menyiapkan sodium metabisulfite. Jika masih ada buih, pengeluaran emas tidak akan pernah berhasil.

Langkah 7
Panaskan air sebanyak 1 liter hingga mendidih. Tuang ke ember 3 yang telah diisi 1 ons / 100 gram sodium Metabisulfite. Biarkan sebentar agar semuanya larut.

Langkah 8
Tuangkan sodium metabisulfite yang cair ini ke ember 2. Biarkan 1 malam agar emas mengendap sempurna. Dalam waktu 15 menit cairan hijau di ember 2 akan berubah coklat karena coklat ini merupakan penampakan emas terlarut yang akan mengendap.

Langkah 9
Anda akan melihat endapan lumpur coklat di bawah ember 2. Itu adalah emas murni dalam bentuk endapan coklat. Jika warnanya coklat muda, anda mendapat emas murni 23 karat. Jika warna endapan coklat tua gelap mendekati hitam, anda mendapat emas 18 karat.

Langkah 10
Tuang cairan di ember 2 ke ember 3 dengan hati-hati tanpa mengikutkan endapannya. Setelah cairan di ember 2 tinggal sedikit dengan endapan di bawahnya, bilas dengan air panas 2-3 kali. Tuang air keluar tanpa mengikutkan endapan. Bilas dengan HCL 2-3 kali. Tuang HCL keluar tanpa mengikutkan endapan.

Langkah 11
Bawa endapan lumpur coklat ini yang merupakan emas murni ke tukang emas untuk dilebur. Biaya hanya 5 ribu rupiah. Hal ini dilakukan agar anda tidak perlu meleburnya sendiri.

Selamat mengerjakan. --

Harga komponen Bekas kira2 :
-Prosesor Intel Pentium Pro = Rp.35.000,-pcs
-Prosesor tipe 486 = Rp.25.000,-pcs
-Motherbord komputer = Rp.30.000,-per Kg


Sumbe : kaskus dan Google.

1 komentar:

ALAKADARNA mengatakan...

Thanks...tapi kalau tidak dicuci aqua ammonia apa bagus hasilnya..?
selama ini saya pake larutan tsb.
mohon pencerahan..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...